PEDOMAN PENULISAN NASKAH

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Panjang naskah diharapkan tidak melebihi 10 halaman. Template penulisan naskah bisa didapatkan di <<template>>
  2. Sistematika naskah adalah: judul yang harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah; nama penulis (tanpa gelar akademik); afiliasi penulis; alamat email; abstrak (150 – 200 kata); kata kunci (minimal tiga buah); pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  3. Tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul lengkap serta harus diacu dalam tulisan.Contoh: Tabel 1, Tabel 2(a), Gambar 1, Gambar 2(a).
  4. Persamaan matematika harus diberi nomor urut dalam kurung biasa dan harus diacu dalam tulisan.
  5. Sumber pustaka/rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk Skripsi/Tugas Akhir, Tesis, Disertasi) atau naskah-naskah penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  6. Pengacuan sumber pustaka dalam naskah menggunakan nama dan tahun. Sumber pustaka dalam Daftar Pustka dituliskan terurut alfabetis dan kronologis.
  7. Semua naskah ditelaah secara blind-review oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh redaksi menurut bidang kepakarannya. Penulis naskah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari dan redaksi pelaksana. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui email.
  8. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.
  9. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.
  10. Penulis yang naskahnya dimuat tidak dipungut biaya apapun.