ANALISA SPASIAL LIMPASAN PERMUKAAN MENGGUNAKAN MODEL HIDROLOGI DI WILAYAH PERKOTAAN

Donny Harisuseno, Mohammad Bisri, Adipadang Yudono, Fabrina Dwi Purnamasari

Abstract


Permasalahan genangan akibat hujan dengan intensitas tinggi menjadi masalah utama khususnya di kawasan perkotaan dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Terjadinya alih fungsi lahan dari kawasan resapan menjadi kawasan kedap air menjadi penyebab utama  meningkatnya limpasan permukaan yang mendorong terjadinya banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sebaran limpasan permukaan secara spasial dengan variasi tahun penggunaan lahan dan menganalisa fungsionalitas jaringan drainase dalam mengurangi genangan yang terjadi.

Penelitian ini mengambil lokasi di Sub DAS Brantas, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Analisa sebaran limpasan permukaan dilakukan dengan menggunakan model KINEROS yang diintegrasikan dengan perangkat lunak ArcView GIS 3.3. Masukan dari model KINEROS adalah peta tata guna lahan, peta jenis tanah, peta topografi, dan data hujan. Nilai debit limpasan permukaan yang dihasilkan model KINEROS (Qh) selanjutnya ditambahkan debit air buangan (Qk) untuk mendapatkan debit rencana (Qr). Berikutnya dilakukan analisa fungsionalitas jaringan drainase di lokasi penelitian dalam mengurangi limpasan.

Hasil studi menunjukkan limpasan yang terjadi meningkat seiring dengan semakin meningkatnya luasan kawasan kedap air. Tinggi limpasan permukaan tertinggi dihasilkan tahun 2010 setinggi 142,76mm yang terjadi di Kelurahan Penanggungan. Besar limpasan yang tereduksi oleh saluran drainase yaitu sebesar 51,637  m3/dtk. Hasil evaluasi kemampuan saluran drainase menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa saluran yang tidak mampu menampung debit limpasan permukaan sehingga menimbulkan genangan.

Full Text:

PDF

References


Asdak, Chay. 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Chow, Ven Te. 1997. Hidrolika Saluran Terbuka, Jakarta: Erlangga.

Chow, Ven Te., David R. Maidment, Larry W. Mays. 1988. Applied Hydrology. New York.

Harto, Sri. 1993. Analisis Hidrologi, Jakarta: Erlangga.

Soewarno. 1995. Hidrologi Aplikasi Metode Statistik untuk Analiasa Data Jilid I, Bandung: Nova.

Sosrodarsono, S., Takeda, K., 2003. Hidrologi untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Subarkah, Imam. 1980. Hidrologi untuk Perencanaan Bangunan Air. Idea Dharma Bandung

Suhardjono, 1984. Drainase. Universitas Brawijaya

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.